Monday 16 March 2009

PENDIDIKAN POLITIK; PENGANTAR POLITIK DAN DEMOKRASI

Politik adalah perkara yang abstrak. Oleh itu seluruh kegiatan politik berlaku dalam satu “sistem”. Sistem politik ini bukan suatu yang jelas dan batas teritorialnya. Namun system politik adalah merupakan sebuah konstruksi analisis, iaitu suatu istilah untuk memudahkan analisis atau berbagai hal yang konkrit. Politik dipandang sebagai sebuah system kerana politik dipandang interaksi antara berbagai unsur. Unsur yang satu dengan unsur yang lain adalah saling berkaitan. Seperti juga hukum dan undang-undang adalah sangat multidimensi pergerakannnya luas unsur cakupannya. Seluruh interaksi dan interpedensi politik dimaksudkan untuk mencapai tujuan system, memelihara dirinya, serta menyesuaikan dirinya sesuai dengan tuntutan zaman.


Yang membedakan antara sistem politik dari system yang lainnya ialah pola-pola interaksi yang dalam system politik melibatkan kekuasaan dan kewenangan. Apa yang diputuskan melalui keputusan politik mempunyai kekuatan mengikat (otoritatif). Unsur utama dalam politik adalah pemerintah yang diberi kuasa untuk memonopoli paksaan fizikal sesuai dengan undang-undang. Walaupun demikian, selain factor kekuasaan dan kewenangan yang otoritatif. Sistem politik mempunyai batas yang bersifat analitis dengan system sosial yang lain.


Jika dilihat beberapa period yang lampau atau masa lalu, kegiatan politik adalh berlegar disekitar istana dan golongan elit shaja. Namun kini tidak lagi. Masyarakat sivil telah menempatkan diri mereka ke dalam arena politik. Secara langsung kegiatan politik mendapat tempat di kalangan masyarakat seperti parti politik, kelompok kepentingan, media dan beberapa golongan masyarakat yang lain. Bahkan pemimpin pemerintahan berasal dari masyarakat melalui pemilihan umum. Suara orang ramai yang dirumuskan merupakan hasil interaksi dengan berbagai organisasi, kelompok dan golongan dalam masyarakat. Itu sebabnya mengapa politik disebut interaksi antara pemerintah dan rakyat. Seperti inilah dinamakan demokrasi. Alangkah indahnya jika demokrasi dijalankan secara telus… Rakyat bijak dan cerdas dalam menentukan posisi hidup. Lebih indah lagi jika syariat Islam dilaksanakan…

0 comments: